Keindahan Tamansari, Yogyakarta

Tamansari Yogyakarta terletak di jalan Taman, Patehan, Keraton, Kota Yogyakarta, untuk lebih tepatnya Tamansari Terletak di sebelah barat daya Keraton Yogyakarta dan hanya terpisahkan oleh jalan Ngasem.



Tamansari adalah situs bekas taman atau kebun Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. kebun atau taman ini dibangun pada zaman Sultan Hamangku Buwono 1 (HB 1) awalnya taman yang mendapat sebutan  "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Namun kondisi sekarang ini anda hanya bisa melihat sisa-sisa bagian Taman Sari yang berada di barat daya kompleks Keraton saja, karena pada bagian lain sudah rusak dan bahkan sudah menjadi pemukiman penduduk sehingga tidak bisa/susah untuk di renovasi lagi. 

Namun bangunan Tamansari justru menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda karena tempatnya sangat keren untuk dijadikan spot foto.

Komentar