Goa Jomblang, Gunungkidul







goa jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasii yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique ( SRT ) untuk memasuki gua ini. SRT merupakan teknik yang baku digunakan untuk menuruni gua vertikal dengan memakai satu tali sebagai lintasan yang dipakai untuk jalan menaiki dan menuruni tempat yang vertikal.




Goa Jomblang ini ternyata memiliki cerita sejarah yang kelam, konon ceritanya pada era 1970-1980 goa jomblang ini dijadikan tempat pembunuhan massal anggota PkI, menurut cerita, mereka berkelompok dijejerkan dan tangan mereka diikat satu dengan yang lainya, ketika salah satu ditembak maka akan jatuh dan anggota lainya pun ikut terjatuh, cerita tersebut sempat menakut nakuti masyarakat, namun pada tahun 1990-an masyarakat sekitar menggelar doa bersama di goa jomblang dan sejak saat itu tidak ada kejadian yang menakutan. 


bagi yang belum terbiasa, perjalanan untuk mencapai goa akan sangat melelahkan dan dengan medan yang berbahaya menjadikan perhatian buat kita saat menjelajahi goa jomblang agar selalu waspada dan berhati hati, ditambah lagi dengan cerita angker yang terdapat di goa jomblang tersebut. namun setelah sampai rasa takut dan rasa yang mengganggu sebelumya akan hilang karena melihat keindahan goa jomblang yang sangat indah luar biasa tersebut.


Komentar