Bangunan Tahan Gempa, Rumah Teletubbies jadi Spot Swafoto

Indonesia adalah salah satu negara yang rawan akan terjadinya gempa bumi, itu disebabkan karena Indonesia terletak di jalur Ring Of Fire kawasan Pasifik dan menjadi pertemuan beberapa lempeng seperti lempeng Indonesia-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.


Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang diakibatkan gempa bumi Masyarakat Yogyakarta membangun bangunan tahan gempa yaitu di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta, yang sekarang ini menjadi destinasi wisata unik dan menarik di sana.





Rumah Teletubies ini dibangun setelah gempa hebat mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2006 silam. Akibatnya bangunan warga rusak dan desa Nglepen merupakan desa yang kerusakanya parah pada waktu itu. dibangunlah rumah tahan gempa yang berbentuk setengah lingkaran yang mirip seperti rumah teletubbies. setahun kemudian bangunan tahan gempa tersebut diresmikan dan diberi nama Nglepen New.


Berkat Keunikanya Tersebut Bangunan Tahan Gempa yang sekarang trend disebut rumah teletubbies sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam daerah maupun luar daerah. Bahkan wisatawan yang berkunjung banyak sekali yang berfoto maupun berselfie, karena rumah teletubbies sangat cocok dijadikan tempat untuk berfoto.


Komentar